Friday 11 November 2016

Makalah Adil Dan Profesional

ADIL DAN PERFESIONAL


A.    PENGERTIAN ADIL

             Adil berasal dari bahasa Arab yang berarti berada di tengah-tengah, jujur, lurus, dan tulus. Secara terminologis adil bermakna suatu sikap yang bebas dari diskriminasi, ketidakjujuran. Dengan demikian orang yang adil adalah orang yang sesuai dengan standar hukum baik hukum agama, hukum positif (hukum negara), maupun hukum sosial (hukum adat) yang berlaku.

Adil juga bisa di artikan, dimana semua orang mendapat hak menurut kewajibannya. Sebagian besar orang mendefenisikan kata ADIL adalah suatu sikap yang tidak memihak atau sama rata, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang, tidak ada pilih kasih dan masih banyak lagi persepsi yang lainnya.

Dengan demikian, orang yang adil selalu bersikap imparsial, suatu sikap yang tidak memihak kecuali kepada kebenaran. Bukan berpihak karena pertemanan, persamaan suku, bangsa maupun agama. Penilaian, kesaksian dan keputusan hukum hendaknya berdasar pada kebenaran walaupun kepada diri sendiri, saat di mana berperilaku adil terasa berat dan sulit.
Perilaku adil, sebagaimana disinggung di muka, merupakan salah satu tiket untuk mendapat kepercayaan orang; untuk mendapatkan reputasi yang baik. Karena dengan reputasi yang baik itulah kita akan memiliki otoritas untuk berbagi dan menyampaikan nilai-nilai kebaikan dan kebenaran dengan orang lain. Tanpa itu, kebaikan apapun yang kita bagi dan sampaikan hanya akan masuk ke telinga kiri dan keluar melalui telinga kanan. Karena, perilaku adil itu identik dengan konsistensi antara perilaku dan perkataan.

B.     PENGERTIAN PERFESIONAL

             Profesional adalah orang yang menyandang suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian atau keterampilan yang tinggi. Hal ini juga pengaruh terhadap penampilan atau performance seseorang dalam melakukan pekerjaan di profesinya.
“Professional” mempunyai makna yang mengacu kepada sebutan tentang orang yang menyandang suatu profesi dan sebutan tentang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengn profesinya. Penyandangan dan penampilan “professional” ini telah mendapat pengakuan, baik segara formal maupun informal.
Kata profesional berasal dari profesi yang artinya menurut Syafruddin Nurdin, diartikan sebagai suatu pekerjaan yang memerlukan pendidikan lanjut di dalam science dan teknologi yang digunakan sebagai prangkat dasar untuk di implementasikan dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat.
Definisi Profesional. Istilah " Profesional " diadaptasikan dari istilah bahasa Inggris yaitu Profession yang berarti pekerjaan atau karir . Menurut Kamus Dewan Bahasa dan Pustaka ( Edisi Empat ) menafsirkan profesional sebagai :

1.   Y ang terkait dengan ​​( bergiat dalam ) bidang profesi ( seperti hukum , medis , dan lain sebagainya ) Contoh : profesional ; ahli profesional .

2. Berbasis ( membutuhkan dll ) kemampuan atau keterampilan yang khusus untukmelaksanakannya , efisien ( teratur ) dan memperlihatkan keterampilan tertentu . Contoh : setiap manajer atau eksekutif dalam satu - satu perusahaan harus tahu mengurus secara profesional .

3.   Melibatkan pembayaran dilakukan sebagai mata pencarian , mendapatkan pembayaranContoh : mereka harus mendapatkan bimbingan seorang pelatih teknis yang profesional di bidangnya .

4.   Orang yg mengamalkan ( karena pengetahuan , keahlian , dan keterampilan ) sesuatu b    idang profesi ; memprofesionalkan menjadikan bersifat atau kelas profesional .
      Jadi  profesional, adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan         hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Atau seorang         profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu         atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara              orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau               untuk mengisi waktu luang.

C.    PERAN SIKAP ADIL DAN PROFESIONAL DALAM KEHIDUPAN

                  Profesional berarti Anda menempatkan Diri sebagai seorang yang Mengerti dan Paham akan Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan, Hubungan dan Relasi Kerja dengan Tim Lain, Serta Fokus dan Konsisten dengan Target serta Tujuan Organisasi.  Perilaku yang cenderung Individu semakin dieliminir karena tidak hanya merugikan Pribadi Sendiri namun dapat pula menjatuhkan Performa Tim.  Inilah inti dari perilaku Profesional.

Dalam hidup ini untuk mencapai sesuatu dengan sukses dalam segala hal dan bidang apapun sebenarnya, selain kerja keras, usaha, dan talenta, ada satu lagi yang paling penting demi sebuah profesionalisme atau keberhasilan yaitu Kejujuran. Mengapa kejujuran? Karena hal ini adalah komponen penting dalam setiap hal. Rasulullah saja sebelum di angkat menjadi Rasull, beliau dikenal sebagai ‘Al Amin’ yang artinya dapat di percaya. Berarti Al Amin itu adalah modal sebagai Rasulullah yang notabene sikap nya diakui oleh seluruh musuh-musuh nya dan orangb yang pernah berbisnis dengan beliau, apalagi umatnya sendiri.

Oleh karna itu sikap Prefesional dan kejujuran sangatlah penting dalam kehidupan sehari- hari dalam masyrakat, maupun dunia kerja.

D.    PERBEDAAN ADIL DAN PREFESIONAL

               Sikap Adil adalah dimana semua orang mendapat hak menurut kewajibannya. Sebagian besar orang mendefenisikan kata ADIL adalah suatu sikap yang tidak memihak atau sama rata, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang, tidak ada pilih kasih dan masih banyak lagi persepsi yang lainnya. Sedangka sikap prefesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian. Jadi bisa di simpulkan bahwa sikap prefesional lebih condong ke dalam dunia kerja sedangkan siikap adil lebih condong dalam kehidupan sehari hari dan dalam mengambil sebuah keptusan.





E.     CONTOH SIKAP ADIL DAN PROFESIONAL DALAM KEHIDUPAN


Contoh :
a.  Prilaku  Adil
·        Dua orang pencuri tertangkap basah oleh warga sedang melakukan aksinya. Mereka diserahkan kepada pihak yang berwajib dan keduanya di sidang di pengadilan, 
dan hakim manjatuhkan vonis hukuman 5 tahun penjara untuk kedua pencuri tersebut. Tidak ada perbedaan sangsi yang mereka terima. kedua pencuri tersebut masing-masing dihukum penjara selama 5 tahun sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Tentunya contoh kasus ini mencerminkan sebuah keadilan. Yakni mereka di hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan masing-masing pencuri menerima sangsi yang sama. sehingga terciptalah yang namanya ADIL..
·        Seorang gugru menghukukum kedua muritnya yang sedang berantem , kedua siswa tesebut di hukum dengan di jemur di tengah lapangan selama 1 jam ,  hukuman yang diberikan oleg guru tersebut cukup adil karena kedua siswa tersebut di hukum bersaan dengan hukuman yang sama.



b.    Prilaku  Profesional
·      seorang manager dalam suatu perusahaan datang terlambat dan tidak disiplin, secara tidak langsung sebagai seorang yang mempunyai jabatan dan mempunyai karyawan, seharusnya seorang manager tersebut harus menjadi contoh yang baik dan sebagai panutan yang baik juga tentunya, jika seorang manager di dalam suatu perusahaan tidak menghargai waktu dengan baik, bagaimana karyawan bisa memaksimalkan pekerjaan mereka dan bisa datang ke kantor dengan tepat waktu, karena karyawan tersebut pasti akan berfikir seorang manager yang menjadi panutan dan sebagai contoh datang selalu terlambat, seorang karyawan pasti kurang termotifasi untuk datang ke kantor lebih awal, karena faktor sang manager selalu datang terlambat.
·        Seorang siswi kelas I SMP berumur 13 tahun, hamil 1 bulan akibat perkosaan. Akibatnya korban mengalami depresi. Orangtua ingin agar janin diaborsi, kemudian berkonsultasi ke dokter. Dokter setelah mengadakan pertimbangan dengan tim ahli (dokter, ahli agama dan psikiater) memutuskan setuju untuk melakukan aborsi. Namun, walaupun tim ahli telah setuju, orang tua masih bingung karena menurutnya agama dan hukum melarang aborsi.




EmoticonEmoticon