Saturday 12 November 2016

Islam Mengimbau, Orang Dewasa Jangan Pernah Lakukan Ini di Depan Anak-Anak

Islam Mengimbau, Orang Dewasa Jangan Pernah Lakukan Ini di Depan Anak-Anak
BANYAK orangtua dan orang dewasa melakukan hal buruk, baik disengaja atau tidak disengaja di depan anak-anak. Perilaku tersebut jelas sangat mungkin ditiru anak-anak. Padahal, orang dewasa adalah contoh bagi anak.
Sementara, dalam Islam hal-hal buruk jelas tidak boleh dilakukan, entah bagi orang dewasa atau anak-anak. Namun, jika sebagai orang dewasa tidak bisa mematuhi, sebaiknya jangan melakukannya di depan anak-anak. Seperti dimuat Soundvision, Rabu (9/11/2016), berikut beberapa hal yang dilarang dilakukan di hadapan anak-anak.
Janji palsu
Sebagai contoh, Anda mengatakan kepada anak akan membawakan es krim, tetapi ketika es krim itu tidak diberikan kepada anak yang sudah dijanjikan maka Anda telah mengajarkan anak berbohong.
Berdebat dengan pasangan
Bayangkan bagaimana perasaan anak ketika melihat orangtuanya berkelahi dan saling serang lewat kata-kata. Anak-anak tidak akan tahu apa yang harus mereka lakukan.
Mem-bully orang lain
“Hei, lihat dia jelek sekali, hahaha!” Ketika perilaku tersebut dilakukan di depan anak-anak, mereka akan menganggap bahwa itu biasa tidak masalah dilakukan. Persepsi anak jadi keliru tentang bagaimana harus menghormati orang lain.
Bergosip

Meski anak mungkin tidak tahu duduk permasalahan dan tak mengerti apa yang dibicarakan, tetapi anak-anak menonton kalau orang dewasa di sekitarnya telah memakan 'daging' saudaranya sendiri.



EmoticonEmoticon