Saturday 12 November 2016

Blok Diagram Sistem Komunikasi Analog


          Telekomunikasi adalah suatu kegiatan  menyalurkan informasi dari suatu titik (sumber informasi / source) ke titik lain (penerima informasi / sink). Informasi harus dikonversikan ke dalam wujud fisis yang dapat ditangani oleh peralatan yang ada dan disesuaikan dengan sifat media penghantarnya. Dalam mengkonversi sinyal informasi harus sesuai dengan ketahanan peralatannya serta dimensi dari alat itu sendiri, ada yang sesuai pada frekuensi rendah, frekuensi menengah, maupun frekuensi tinggi, baik dalam bentuk sinyal listrik atau gelombang elektromagnetik. Secara umum blok diagram untuk sistem komunikasi analog dapat diilustrasikan seperti gambar 1.11.


Gambar 1.11. Blok Diagram Sistem Komunikasi Analog


Berdasarkan gambar 1.11 tersebut dapat diurakan secara singkat fungsi tiap komponen penyusun blok diagram sistem komunikasi analog sebagai berikut :
·       Sumber informasi       : memberikan informasi sinyal masukan, dapat dalam bentuk audio, video, maupun bentuk fisis lainnya
·       Transduser input        : mengubah informasi masukan (audio,video) menjadi isyarat elektris sesuai dengan karakteristik komponen elektronika peralatannya.
·       Modulator analog       : memodifikasi dan menyesuaikan isyarat pembawa proporsional pada perubahan isyarat elektris masukan dengan media transmisi yang digunakan, misalnya gelombang radio
·       Media Transmisi         : dapat berupa kabel maupun non-kabel
Proses di penerima pada dasarnya adalah kebalikan dari proses di pengirim, dengan kata lain sistem komunikasi adalah simetris antara sisi pengirim dan sisi penerima dengan garis cerminnya adalah media yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Beberapa sifat media transmisi yang merugikan diantaranya :
·       Peredaman     : biasanya sangat kecil, tetapi dapat pula besar
·       Distorsi           : respon terhadap isyarat tidak sempurna, sifat distorsi adalah jika isyarat tidak ada maka distorsi hilang.
·    Interferensi    : gangguan oleh isyarat lain terhadap media transmisi, walaupun isyarat  ditiadakan interferensi tetap ada.
·  Derau         :  gangguan dari dalam maupun luar mediatransmisi yang tidak dapat diramalkan

Secara umum bentuk isyaratnya pada setiap node dapat dideskripsikan seperti gambar 1.12. 




sekian salam Bijak....

1 comment


EmoticonEmoticon