Saturday 12 November 2016

Blok Diagram Sistem Komunikasi Digital

Pada dasarnya blok diagram sistem komunikasi digital sama dengan sistem yang analog, tetapi proses modulatornya adalah digital. Mengingat proses modulasinya dalam bentuk digital, maka sebelum dimodulasi isyarat listrik keluaran transduser masukan harus diubah dulu menjadi urutan biner. Media udara adalah kwantitas fisis nyata yang bersifat analog, maka sebelum masuk media harus dianalogkan lagi, dengan kata lain di media sinyalnya adalah analog yang merepresentasikan urutan digital. Secara umum blok diagram untuk sistem komunikasi digital dapat diilustrasikan seperti gambar 1.13.


Gambar 1.13.  Blok diagram sistem komunikasi digital



Berdasarkan gambar 1.13 tersebut dapat diurakan secara singkat fungsi tiap komponen penyusun blok diagram sistem komunikasi digital sebagai berikut :
·       Sumber informasi       : memberikan informasi sinyal masukan, dapat dalam bentuk audio, video, maupun bentuk fisis lainnya
·       Transduser input        : mengubah informasi masukan (audio,video) menjadi isyarat elektris sesuai dengan karakteristik komponen elektronika peralatannya.
·       Source encoder          :  mengubah isyarat elektris menjadi urutan kode biner
·       Kanal encoder            : menambahkan bit-bit khusus untuk  mengurangi bit error pada penerima
·       Modulator analog       : memodifikasi dan menyesuaikan isyarat pembawa proporsional pada perubahan isyarat elektris masukan dengan media transmisi yang digunakan, misalnya gelombang radio
·       Media Transmisi         : dapat berupa kabel maupun non-kabel
Proses di penerima pada dasarnya adalah kebalikan dari proses di pengirim, dengan kata lain sistem komunikasi adalah simetris antara sisi pengirim dan sisi penerima dengan garis cerminnya adalah media yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Secara umum bentuk isyaratnya pada setiap node dapat dideskripsikan seperti gambar 1.14.


Gambar 1.14.  Fungsi blok diagram sistem komunikasi digital



sekian salam bijak..

2 comments

  1. terima kasih, artikel nya sangat membantu buat pembelajaran...
    ( 16222500114 )
    jangan lupa kunjungi blog kami di https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. Terimakasih artikelnya, sangat membantu untuk membuat tugas

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon